Memanfaatkan Tendangan Sudut (Corner Kick), Antara Peluang dan Blunder

Tendangan Sudut atau Corner Kick adalah sebuah Hukuman didalam permainan sepakbola, yaitu merupakan hukuman tentangan bebas yang terletak di sudut setiap sisi lapangan bola. tendangan ini merupakan salah satu bentuk umpan matang dan merupakan salah satu peluang untuk menciptakan sebuah gol. Terkadang Tendangan Sudut ini juga mempunyai rasio kegagalan yang bisa mengakibatkan blunder sehingga pemain lawan bisa membuat counter attack atau Serangan balik, kejadian ini sudah banyak terjadi akibat kelengahan lini tengah didalam menjaga antisipasi lawan terhadap tendangan sudut. kali ini kita akan membahas bagaimana trik mengambil tendangan sudut yang baik dan bagaimana mengantisipasi bola halauan dari tentangan sudut.

1. Memilih Penendang. 
Jika anda seorang Pelatih, pilihlah penendang yang berpostur kecil dan mempunyai tendangan yang kuat, Penendang Hendaknya bukan tipe pemain yang hobi berduel di udara, dan bukan mempunyai postur yang tinggi. Namun, Penendang adalah seorang Eksekutor mati yang jago didalam membuat Bola Crossing.

2. Titik Jatuh Bola.
Ketika Pemain menendang bola, hendaknya Bola yang ditendang mempunyai titik Jatuh yaitu tepat di tiang jauh dari si pemain yang menendang. untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini
3. Teknik Tendangan
Jika Penendang mengambil sisi kanan, hendaknya menggunakan kaki Kanan dengan arah tendangan ke titik jatuh bola dan sebaiknya gunakan tapak kaki bagian dalam dengan ayunan yang keras (Placing) dan untuk mendapatkan tendangan yang maksimal hendaklah mengayunkan pinggang sehingga bola menjadi lebih tajam dan sempurna, jika si Penendang menggunakan kaki kiri untuk mengambil bola di bagian kanan, maka gunakan punggung kaki tanpa mengayunkan pinggang, cukup gunakan kekuatan murni dari kaki aja agar bola tidak keluar dari lapangan (Goal Kick).
Sebaliknya, jika Penendangan mengambil sisi kiri hendaknya menggunakan kaki Kiri dengan arah tendangan ke titik jatuh bola dan sebaiknya gunakan tapak kaki bagian dalam dengan ayunan yang keras (Placing) dan untuk mendapatkan tendangan yang maksimal hendaklah mengayunkan pinggang sehingga bola menjadi lebih tajam dan sempurna, jika si Penendang menggunakan kaki kanan untuk mengambil bola di bagian kiri maka gunakan punggung kaki kanan tanpa mengayunkan pinggang, cukup gunakan kekuatan murni dari kaki aja agar bola tidak keluar dari lapangan (Goal Kick). 

4. Posisi Penerima Umpan (Duel Udara)
Untuk posisi ini, sebaiknya pilihlah 4 pemain yang akan berduel, usahakan salah satu dari 4 pemain tersebut mempunyai ruang yang lepas dari kawalan pemain lawan dan sebaiknya mereka mengambil posisi tepat di dalam garis kotak Penalti. untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut
5. Tips Menghindari Bola Tendangan Sudut lawan dan memenangi Duel di Udara
ketika lawan mendapatkan hadiah tendangan sudut, maka kita sebagai pemain yang terkena hukuman harus bersiap siap menghindari bola tendangan sudut, maka triknya adalah dengan cara menempatkan 5 atau 6 pemain di pertahanan kita, dan tempatkan 2 pemain berukuran pendek yang kira-kira tidak bisa berduel di tiang dekat dan tiang jauh, serta pemain lainnya harus berusaha menjaga dan me-mark up pemain lawan agar pemain lawan tidak bisa berduel, dan buatlah posisi kiper se-nyaman mungkin agar dia bisa menangkap bola dengan sigap. jika posisi bola seperti gambar diatas, maka kita bisa lihat pemain bertahan kita untuk berduel seperti gambar dibawah ini. 
Dengan adanya pemain bertahan (titik biru), maka diharapkan pemain bertahan dapat menghalau bola secepat mungkin dan bersiap membuat Counter Attack atau serangan balik. semoga pelajaran kali ini bermanfaat.. Grazie Calcio



0 Komentar: