Formasi 4--4--2 (2.) Posisi Wing Back dan Winger


Posisi Wing Merupakan Salah Satu Pondasi dasar dalam menyerang di dalam Formasi 4-4-2. 
kesuksesan serangan yang efektif juga bergantung pada winger.. winger terbagi 2.. yaitu wing back dan winger/midlfielder (lihat gambar ).


terlihat jelas bahwa winger dan wing back berada dalam 1 posisi. yang membedakannya adalah winger sebagai penyeimbang lini tengah dan wingback sebagai penjaga lini pertahanan.


A. Wing Back dan Plus Minusnya

Dalam mengatur serangan, Winger dan Wingback umumnya sama. dan itu selalu di lakukan dengan 1 gerakan yang bersifat sama. yaitu melakukan gerakan lurus kedepan melewati pertahanan lawan dari sisi samping (Overlapping).

Namun, dalam sepakbola modern gerakan overlapping ini sudah jarang dilakukan oleh winger, winger cenderung bermain di lini tengah dan membantu serangan dengan memasuki pertahanan lawan melewati center back. sebagai gantinya, wing backlah yang akan melakukan overlapping.

Tipe Wing Back modern yang melakukan  umumnya di lakukan dengan pemain yang mempunyai kecepatan, contoh dari wing back modern yang selalu melakukan overlapping adalah Sergio Ramos, Marcelo (Real Madrid); Ashley Cole (Chelsea);, Gael Chichy, Emanuel Eboue (Arsenal); Douglas Maicon (Inter); Garet Bale (Totenham); Daniel Alves, Erik Abidal (Barca).

Namun, Wing Back yang mempunyai daya ofensivitas (Serang) tinggi terkadang meninggalkan PR bagi para pelatih, adapun kelemahannya tentu saja akibat posisi yang di tinggalkan maka meninggalkan lubang yang menganga. sehingga jika penjaga gawang dan Back tidak jago dalam memotong umpan Crossing akan menyebabkan kebobolan (Gol). Sebagai Contoh dasar, Victor Valdes (Kiper Barcelona) mempunyai kelemahan dalam memotong bola Silang (Crossing), maka jika Gerard Pique dan Carles Puyol (Center Back) di tugaskan dalam memotong bola udara. dan tugas ini selalu di emban oleh Carles Puyol.

B. Winger dan Plus Minusnya


Winger pada umumnya berperan penting dalam membangun serangan. adapun peranan winger adalah : sebagai pengeksekusi bola Set Pieces ( Tendangan Sudut, Tendangan Bebas), Pengumpan. hal ini sering dilakukan oleh winger. sampai pada saat ini. salah satu winger yang jago mengumpan dan mengeksekusi bola adalah David Bechkam.
David Bechkam terkenal dengan bola eksekusi dan umpannya yang mematikan. salah satu striker yang pernah merasakannya adalah rud van nistelrooy. dimana hampir 60% gol nya merupakan hasil kerja Beckham.

umumnya, bechkam menggukan kaki samping bagian dalam untuk mengumpan. dengan sedikit gesekan dan tenaga yang besar, umpan selalu mengarah dan membentuk crossing nan akurat.

Namun, seiring perkembangan Zaman... Umpan Crossing tidak lagi dilakukan oleh winger. tapi dilakukan oleh wing back. sebagai ganti, maka winger berani melakukan overlapping ketengah dan melepas tembakan. nah, perkembangan serangan  ini telah sering dilakukan oleh tim-tim besar eropa. sayangnya Klub di indonesia belum ada yang bisa melakukannya. dikarenakan belum adanya SDM, Tenaga dan daya jelajah yang jauh dalam bermain. maka winger di klub sepakbola di negara kita belum ada yang bisa melakukan pergerakan ini. kalaupun ada sangat jarang sekali dalam suatu pertandingan. gambar di bawah ini menunjukan pergerakan baru winger. 

kelebihan dari permainan dan pergerakan winger ini adalah lini depan sangat kuat sehingga serangan akan sering dilakukan bertubi-tubi. salah satu winger modern yang sering melakukannya adalah Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Jesus Navas (Sevilla),

Cristiano Ronaldo merupakan winger sukses yang selalu melakukan tembakan mengarah ke gawang (Shoot on Target). biasanya ronaldo melakukan overlapping dengan sekali-sekali melakukan gerakan tipuan berupa step over dan jugling. sehingga pemain bertahan lawan selalu tertipu dengan gerakan ini. setelah pemain bertahan lawan lengah, maka pemain ini kan melakukan tembakan keras mengarah ke gawang. Dan ini sering sekali menghasilkan gol. sehingga efektivitas serangan sangat sering terjadi disini.


adapun keunggulan dari serangan wing ini adalah :
  1. Efektivas serangan.
  2. Stiker atau penyerang hanya perlu menunggu bola rebound sambil mencari ruang gerak dalam memanfaatkan kelengahan kiper lawan
  3. sering menjadi pemecah kebuntuan ketika penyerang dijaga ketat lawan
adapun kelemahannya adalah :
  1. cenderung terus menyerang sehingga serangan balik (Counter Attack) kerap  menjadi bumerang dalam menjaga wilayah.
  2. Tenaga sering habis akibat terlalu banyak melakukan gerakan sehingga menjadi lengah ketika bertahan.
  3. ketika serangan mentok, dan penyerang di jaga ketat lawan, maka semua tim akan menjadi buntu dan frustasi yang mengakibatkan kelengahan.

5 Komentar:

Anonim mengatakan...

nice gan

achmad mengatakan...

bagus kawan

bikin lagi donk artiker yang baru

Anonim mengatakan...

formasi yang jaman skarang kan 3-4-3 / 4-2-3-1

Raja Metha mengatakan...

formasi itu bukan tergantung zaman bos.. tapi tergantung kelebihan tim, kekuatan tim dan juga jenis pemain yang dibutuhkan

sleeso mengatakan...

ici sacs réplique gucci j'ai adoré ça Dolabuy Fendi web Gucci Dolabuy