Lazio di Serie A, Coppa Italia dan Liga Europa musim 2012/13


(klinik-bola.blogspot.com) - Tidak banyak yang memperkirakan Lazio bisa berada setinggi sekarang di Serie A. Berada di peringkat kedua klasemen sementara dan mencapai tahap Semifinal Coppa Italia setelah mengalahkan Calcio Catania 3-0 diperempatfinal. Apa saja factor kesuksesan Lazio musim ini ? mari kita bahas Taktik SS Lazio di Serie A
            Pergantian pelatih dari Edy Reja ke Vladimir Petkovic merupakan salah satu alasan Lazio bertahan dipapan atas Serie A. Petkovic sebenarnya tidak mempunyai pengalaman di Serie A. Sejak menjadi pelatih pada tahun 1997, mayoritas waktunya dihabiskan di  Swiss plus semusim di Turki.
            Kemampuan Petkovic semakin dikecilkan ketika ia tidak mempunyai gelar selama berkarier sebagai pelatih. Tak salah bila ada yang menyebutnya melatih Lazio adalah lompatan yang luar biasa buat pria asal Bosnia itu.
            Melihat fakta diatas, Lazio bahkan sulit dianggap sebagai tim kuda hitam. Namun, tanpa banyak publikasi Stefano Mauri cs. Melesat dan menduduki peringkat kedua di paruh musim di Serie A. Tim ibukota Italia itu menorehkan 39 Poin dari 19 pertandingan. Jumlah ini sama dengan koleksi ketika Lazio menjadi Scudetto dimusim 99/00.
            Petkovic pun kini menjadi pelatih debutan Serie A dengan angka paruh musim terbanyak kedua setelah Jose Mourinho pada musim 2008/09 ketika mengumpulkan 41 poin bersama internazionale.
            Karena memiliki laju poin setara saat meraih Scudetto, Gli Aquilotti pun diangkat sebagai salah satu kandidat peraih juara Serie A. Apalagi jarak dengan pemimpin klasemen sementara Juventus hanya unggul 4 Angka. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan Lazio Tampil hebat di Serie A musim ini

Kebijakan Transfer
            Aksi mercato Lazio dimusim ini Cuma menghadirkan Ederson Campos dari Lyon dan  Michael Ciani dari Bordeaux. Ederson musim ini sering Cedera, praktis Cuma Ciani yang bisa memberikan sentuhan berbeda.
            Namun, dampak dari Ciani sangat luar biasa sehingga Lazio bisa mencapai kebobolan hanya 19 gol paruh musim ini. Jumlah kekalahan Lazio musim ini hanya 4 buah. Meraih 3 Imbang dan 12 Kemenangan.

Faktor Vladimir Petkovic
Petkovic, motivator ulung
            Petkovic adalah pelatih tangan dingin. Pelatih berpaspor bosnia, Swiss dan kroasia itu sanggup menanamkan mental sebagai pemenang terhadap timnya. Fakta sederhananya adalah Lazio kini mengumpulkan kemenangan sebanyak 12. Seperti yang pernah diucapkan presiden Lazio Claudio Lotito bahwa salah satu alasan menunjuk Petkovic adalah karena faktor ia mampu mengembangkan kemampuan “spiritual” Tim.
            Pertunjukan karakter sebagai pemenang terlihat di pekan ke 19 melawan Cagliari. Tertinggal lebih dahulu, Lazio mampu bangkit di 11 menit terakhir.

Faktor “misi Pembuktian” tim Jempolan
            Petkovic mulai menunjukan diri sebagai pelatih jempolan. Pada awal melatih, ia punya kendala karena tidak punya reputasi yang cukup untuk memimpin tim di Serie A . I Biancoceleste adalah Highlight penting dalam kariernya karena menjadi tim terbesar yang pernah ia latih. Pelatih yang fasih berbahasa italia, jerman, spanyol, prancis sampai serbo-croatian itu sampai mau hanya digaji “600ribu” euro demi mendapatkan kesempatan “meledak” di Serie A.
            Jumlah gaji yang ia dapatkan hanya separuh dari gajinya ketika melatih klub turki musim kemarin. “Lazio adalah keluarga dengan sejarah panjang lebih dari 113 tahun (09 Januari 1900). Menjadi bagian dari klub ini penting buat saya sekaligus batu lompatan kualitas luar biasa dalam karier. Saya tidak terganggu dengan apa yang digunjingkan media terhadap saya dan staff saya. Yang penting adalah bagaimana cara menjawab prasangka itu dengan cara terbaik” kata Petkovic di La Gazetta Della Sport.

Faktor Pemain tengah dengan kualitas nomor wahid
            Kekuatan moral Lazio terletak pada lini tengah yang baik. Namun, Petkovic juga bekerja keras di lini lain disisi taktik dan teknik dengan fokus utama pembenahan lini tengah. Menggunakan Skema 4-1-4-1, gawang Federico Marchetti sulit ditembus karena sentral lapangan penuh dengan pemain. Di sisi lain, Anderson Hernanes dkk jago melepas serangan balik.
            Tak jarang pemain lini tengah kerap kali menjadi sumber gol. Miroslav Klose memang tetap menjadi top skor tim hingga pekan ke 19 dengan 10 gol. Tapi jumlah ini hanya sekitar 35% dari total gol Lazio. Sementara itu konstribusi pemain lini tengah muncul sebagai pencetak gol terbanyak dengan presentasi mencapai 57% (16 gol) dari keseluruhan gol Lazio musim ini. Anderson Hernanes muncul sebagai pemain jempolan di lini tengah Lazio dengan mencetak 7 gol dan 3 Assist (hingga pekan ke 19).
         
   Hingga pekan ke 19, 6 pemain tengah Lazio telah membua 16 gol dan 15 Assist. Secara efektif sumbangan gol itu menyumbang 26 poin untuk Lazio. Secara luar biasa, lini tengah berperan dalam 2/3 koleksi poin Lazio.( Lihat Tabel).
            Kalau fakta diatas belum cukup kuat sebagai alasan lini tengah Lazio sebagai lubang tumpuan, lihat aja jika pemain lini tengah tidak mencetak gol, tim biru langit ini pasti biasanya gagal mencetak gol. Semua kekalahan Lazio musim ini (0-3 vs Napoli, 0-1 vs Genoa, 0-2 vs Fiorentina dan 0-4 vs Calcio Catania) terjadi saat lini tengah berada dalam kondisi “modus diam”. Begitu juga hasil seri kontra tim Kuat Italia, Juventus (0-0).

Perubahan Taktik Lazio
           
            Musim ini Lazio melakukan beberapa perubahan taktik dalam menyusun srategi di serie A. Lazio menerapkan Formasi 4-3-3 pada partai perdana sebelum melakukan transformasi menjadi 4-1-4-1 Perhatikan perubahan pada gambar dibawah ini

Formasi awal Lazio 4-3-3
            Asumsi tersebut berdasarkan pada kesuksesan Lazio dalam 2 eksperimen terakhir. Percobaan pertama menggunakan formasi 3-4-3 dilakukan saat mereka bersua Maribor di Fase grup Liga Europa (LE). Menurunkan tim lapis dua, Lazio menang besar dengan skor 4-1.

            Eksperimen kedua lebih segar karena saat melawan Cagliari Lazio memainkan pola 4-1-4-1 dan mereka sempat tertinggal 0-1 sebelum gol telat di 11 menit terakhir memenangkan mereka dengan skor 2-1. Vladimir Petkovic pun mengakui bahwa formasi ini lebih agresif dengan memainkan kedua sisi kanan dan kiri via sayap.

            Dibalik pendekatan taktik dari 4-3-3 ke 4-1-4-1 itu, arsitek asal Bosnia ini selalu memegang prinsip keseimbangan menyerang dan bertahan. Peran krusial sebagai penyeimbang di lini tengah di pegang oleh Christian Ledesma. Dia merupakan Rantai penghubung antar lini, pengatur Tempo permainan serta distributor bola. (lihat gambar disamping).
            Selain itu, Christian Ledesma juga menjadi pemain dengan passing terbanyak di Lazio (1.119 dalam 18 pertandingan). Selain pemain kunci seperti Ledesma, terdapat juga pemain seperti Anderson Hernanes dan Miroslav Klose yang sudah menyumbang 17 gol (60% Total gol Lazio) dimusim ini.
            Selain perubahan Taktik diatas, Lazio juga menerapkan Rotasi permainan dimana mereka harus mengikuti 3 ajang sekaligus (Serie A, Coppa Italia dan LE). Pada panggung LE dan Coppa Italia, Lazio memasang Sergio Floccari, Libor Kozak dan Ogenyi Onazi yang jarang Tampil di Serie A.((klinik-bola.blogspot.com/rms Sumber : Bola) -


1 Komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.