Hancurnya Wakil Inggris Di UEFA Champions League

(klinik-bola.blogspot.com) - Bukan Manchester United, Bukan Pula Arsenal tapi benar-benar tanpa Menyisakan Ruang buat Wakil Inggris di Ajang UEFA Champions League (UCL) musim 2012/13. Musim 12/13 merupakan sebuah mimpi buruk buat sepakbola Inggris. Bagaimana tidak, saat UCL tinggal menyisakan 8 Wakil yang masih berjuang mendapatkan trophi "si Kuping Lebar" Wakil Inggris tidak ada 1 pun hadir diantara 8 Tim Tersebut.
bandingkan dengan Tim Spanyol yang mempunyai 3 Wakil di ikuti Jerman dengan 2 Wakil (sementara Italia, Turki dan Prancis masing-masing 1 Wakil) ini merupakan suatu Aib bagi Negara yang terkenal akan sebagai ajang kompetisi terbaik di "dunia"  versi Inggris ini.

Konfirmasi bahwa Premier League hanya mendapatkan klub-klub mereka bukan jagoan lagi di UCL sudah tercium sejak jatuhnya Chelsea dan Manchester City di Penyisihan Grup. Arsenal dan MU ketemu lawan yang diatas kertas jauh lebih tangguh. beruntung mereka berhasil kalah dengan skor tipis sesuai anggregat (Arsenal kalah Produktivitas gol kandang, MU kalah 3-2 secara Agregat dari Real Madrid).

Perwakilan Inggris di UCL 10 Musim terakhir
Untuk Pertama kalinya sejak musim 1995/96 Premier League tidak memiliki wakil di perempat final. Hal ini jelas merupakan sebuah kemunduran bagi sepakbola mereka. bayangkan, Pada musim 2007/08 dan 2008/09, Inggris sampai memiliki 4 Wakil di UCL. Harapan terbaik Inggris sebelum City dan Chelsea Jatuh ada pada MU dan Arsenal, namun apa daya bagi mereka. kehilangan wakil secara total dibabak 16 besar akan terjadi jika mereka tidak membenahi Liga Inggris. (perhatikan Tabel).


Manchester United, jalani musim buruk di UCL. Gagal di babak 16 Besar
Bukti tersaji pada Leg Pertama babak 16 Besar. dari 8 Pertandingan, 7 pertandingan diantaranya memiliki keuntngan bermain dari sisi jadwal. dengan persiapan dan waktu yang lebih panjang maka tim tersebut mempunyai potensi untuk "meledak" di hari Penentuan. sebagai indikator FC Bayern, Milan, Porto menang setela partai-partai mereka di pindahkan jadwalnya dari hari sabtu menjadi hari Jum'at. 



Real Madrid yang bertemu dengan MU juga memiliki keuntungan jadwal karena MU bermain 1 hari setelah madrid Bermain di La Liga BBVA. Premier League sendiri masih susah memenuhi permintaan dari klub untuk bermain di hari jum'at. Klub yang tidak tampil di UCL juga dikabarkan tidak mau bermain di hari jum'at karena tak ikut merasakan curahan uang dari klub yang bermain di UCL. Belum lagi komplikasi dari Hak Siar tayangan langsung. Premier League tidak mengenal slot acara di hari Jum'at malam. bahkan musim depan pun tidak ada slot untuk bermain di hari Jum'at.

Apakah Kamu  Berada di Level UEFA Champions League ?
salah satu Kampanye UEFA, Are you UEFA Champions League Level?
Bagi penggemar Internet, anda pasti tidak mengolok-olok soal Arsenal dalam berbagai situs sosial seusai Leg 1 Melawan FC Bayern. pada menit ke 88, Ad-Board menunjukkan tulisan : "Are You UEFA Champions League Level?". Ketika itu Skor adalah 3-1 untuk keunggulan FC Bayern.

Iklan tersebut merupakan salah satu kampanye UEFA dan muncul di semua partai UCL mulai musim ini. di sponsori oleh adidas dengan tema Adidas All In mereka membuat kampanye untuk meningkatkan motivasi klub dalam liga Champions. yang menariknya, pertama kali muncul tulisan itu adalah ketika The Gunners sudah tertinggal 1-3 dikandang Sendiri. apalagi Arsenal sebelumya kalah dari Blacburn Rovers, tim Penghuni Championship Division di Piala FA. pertanyaanya tentu saja, apakah Skuad Arsene Wenger layak untuk bermain di kelas UCL?

Saat ini level permainan Arsenal bisa dikatakan sangat buruk. Kemampuan Taktik Wenger terus menuai pertanyaan yang tak habis. bukan hanya dari Segi Taktik dan manajerial. Kebijakan melepas pemain penting pada bursa Transfer sehingga sulit menjadi juara di ajang apapun dalam 7 musim terakhir menjadi sebuah aib Bagi Arsenal.(sumber : Tabloid BOLA edisi Februari/rms)


0 Komentar: