Kesetian Pemain Bola dalam 1 Klub Selama Kariernya (bag 1)



klinik-bola.blogspot.com – Kesetiaan mahal harganya, teristimewa jika dalam dunia sepakbola yang makin bersinonim dengan uang. Wajar bila uang yang sangat banyak bisa mengurai kesetian seorang pemain bola. Jangan heran jika melihat yang namanya pesepakbola yang setia terhadap klubnya semakin jarang. One-Club Man – atau istilah pemain yang hanya membela satu klub dalam kariernya – merupakan pemain yang langka saat ini di cari.

Di Serie A Liga Calcio Italia kita melihat bagaimana seorang Alesandro Del Piero berjuang mempertahankan statusnya sebagai one-club man dan akhirnya menyerah demi pinangan klub Australia. Saat ini di Serie A hanya Fransisco Totti yang masih aktif sebagai pemain. Selain itu ada Daniele De Rossi. De Rossi – DDR yang kala tahun 2010 sempat di pinang oleh Man. City dan menolaknya demi Kariernya di AS Roma.
Totti dan De Rossi bukanlah satu-satunya pemain yang hanya membela 1 klub dalam kariernya. Masih ada Paolo Maldini selama 25 di AC Milan. Manchester Utd mempunyai Ryan Giggs dan Paul Scholes dalam diri One-Club Man. Barcelona punya segerombolan pemain yang hanya mengenal Barcelona dan La Masia. Seperti Xavi Hernandes, Carles Puyol dan Andreas Iniesta.

Seperti yang di lansir dari Tabloid BOLA edisi Kamis 18-24 Juli 2013, pada kasus Totti dan DDR, jawabannya lumayan sederhana. Bahkan bisa dibilang cinta Hollywood yang berkisah antara anak laki-laki dan sebuah klub, seorang pemain dengan seorang supporter, dan seorang pria dan seorang kota.

Totti dan DDR sama-sama lahir di kota Roma. Keduanya sama-sama tumbuh di olimpico dan tidak jauh dari kota roma serta sejak kecil mereka lahir dikota dan bermimpi untuk bermain di stadion itu.

Berikut ini faktor yang menyebabkan pemain hanya ingin membela  1 klub dalam kariernya.

  1. Faktor Kota lahir, banyak pemain mempunyai ambisi untuk membela klub di kota lahirnya. Seperti Totti, DDR, Maldini dan lain sebagainya. Dengan membawa kota kelahiran mereka akan menaikkan pamor kota kelahirannya ketika memenangkan sesuatu bersama klub itu.
  2. Faktor Tim Nasional, pemain seperti DDR, Ryan Giggs, Paul Scholes, Jamie Caragher, Steven Gerard tidak membutuhkan tantangan lainnya dalam menembus karier di timnas. Dengan klub kelahiran dan klub masa kecil saja mereka sudah menembus karier timnas mereka tidak perlu mencari pelabuhan baru dalam meningkatkan karier timnas.
  3. Faktor Gelar yang sudah diraih, banyak pemain tipe one-club man yang meraih berbagai macam gelar ketika membela 1 klub seperti xavi hernandes, andreas iniesta, lionel messi, yang meraih 15 gelar dari tahun 2008-2013. Selain itu masih ada paul scholes, ryan giggs yang bersama MU meraih berbagai macam gelar sejak dekade 1990an.
  4.  Faktor supporter, banyak klub yang menjadikan seorang pemain one-club man sebagai ikon klub seperti maldini, giggs, puyol dan totti. Mereka dalam suka dan duka bersama klub itu, merasakan bagaimana ruang ganti pemain, pergantian pelatih, bahkan presiden klub.

Tapi sejak 2010 semakin jarang saja ada pemain yang bisa bertahan dalam membela klub dalam waktu yang lama. Berikut ini adalah faktor pemain yang pindah dalam 1 klub.
  1. Kontrak Pemain, umumnya pemain dikontrak berdurasi singkat, ketika durasi kontrak masih berjalan, harga pemain melambung tinggi karena penampilan pemain yang terus konsisten akibatnya pemain memutuskan kontrak dengan klub.
  2. Harga dan klausul kontrak menurut aturan bosman, aturan bosman adalah aturan pemain dimana dia bisa membeli nilai kontrak pemain ketika kontrak pemain menyisakan durasi 1 tahun. Dengan aturan durasi kontrak yang tinggal setahun otomatis pemain bisa membeli kontraknya dan meninggalkan klub. Selain itu aturan bosman juga membolehkan jika pemain melakukan negosiasi dengan klub lain jika kontraknya tinggal 1 tahun lagi
  3. Perselisihan dengan klub, pelatih dan antar supporter. Akibat kisruh kecil antar pemain dengan manajemen, kebanyakan pemain minta di jual atau di jual ke klub lain. Kasus sepatu sir alex ferguson dan david beckham menjadi tolok ukur dalam perselisihan.
  4. Cedera yang berkepanjangan. Akibat cedera berkepanjangan pemain yang mempunyai durasi kontrak jangka panjang terancam di putus kontraknya. Kasus yang paling baru adalah kasus eric abidal di Barcelona.

Berikut ini adalah daftar pemain yang sukses menjadi one-club man selama berkarier sampai masa pensiun. Siapa-siapa sajakah mereka?


1 Komentar:

thaddiez mengatakan...

g5q18f3t29 n8s67q1j40 u5r90b1s52 w3x08h8f76 d7a34k1o50 n1t50z4o78